Struktur Organisasi

Tugas, Fungsi dan Struktur  Organisasi

Untuk menyelenggarakan tugas pokok tersebut berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 30 Tahun 2008  tentang uraian tugas masing-masing jabatan struktural di lingkungan Kecamatan dalam Kabupaten Lahat mempunyai fungsi :

      1. Tugas Camat :
    1. Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat;
    2. Mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
    3. Mengkoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
    4. Mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
    5. Mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintah di tingkat kecamatan;
    6. Membina penyelenggara pemerintah kecamatan;
    7. Melaksanakan pelayanan masyarakat

 

      1. Tugas Sekretaris Camat :
    1. Mengelola Sumber Daya aparatur, Keuangan, Sarana Dan Prasarana Pemerintahan Kecamatan;
    2. Mengelola Ketatausahaan, Kearsipan, Keuangan dan Perlengkapan Pemerintah Kecamatan;
    3.  Menyusun rencana Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan;
    4. Memberikan petunjuk dan bimbingan kepada bawahannya dalam pelaksanaan tugas-tugas dinas sehari-hari;
    5. Menghimpun peraturan perundang-undangan beserta petunjuk kerja lainnya untuk pedoman pelaksanaan tugas;
    6. Mengatur jadwal pelaksanaan rapat kerja dan /atau koordinasi baik bulanan, triwulan, semester, maupun tahunan yang dituangkan dalam notulen rapat;
    7. Membagi tugas kepada Sub Bagian supaya tugas-tugas Kesekretariat dapat terlaksana dengan baik;
    8. Mengevaluasi tugas bawahan selanjutnya memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun yang dicantumkan dalam Daftar Penilaian Pekerjaan (DP3);
    9. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan. 

 

      1. Tugas Sub Bagian Program :
  1. Menyusun perencanaan pembangunan sebagai kelanjutan dari hasil musyawarah perencanaan pembangunan Desa;
  2. Membuat laporan hasil pekerjaan Sub Bagian Program guna selanjutnya memberikan saran/usul kepada atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  3. Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas-tugas Sub Bagian Program terbagi habis dan terlaksana dengan baik;Merencanakan kegiatan bidang Sub Bagian Program baik secara bulanan, tahunan, maupun insidentil;
  4. Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan beserta petunjuk pelaksanaan (Juklak) untuk pedoman pelaksanaan tugas Sub Bagian Program;
  5. Memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun yang dicantumkan dalam daftar penilaian pekerjaan (DP3);
  6. Memeriksa dan meneliti konsep naskah dinas surat-surat biasa dari bawahan yang selanjutnya siap  untuk diketik dan membubuhkan paraf pada hasil ketikan;
  7. Menyusun dan mencatat jadwal kegiatan Camat baik secara bulanan, tahunan dan insidentil;
  1. Membuat laporan secara bulanan maupun insidentil melalui Sekretaris Kecamatan;
  2. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

      1. Tugas Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian :
  1. Memberikan pelayanan administrasi dan ketatausahaan, kearsipan dan perlengkapan;
  2. Mengelola usulan kenaikan pangkat dan cuti pegawai;
  3. Menyusun DUK Pegawai
  4. Melaksanakan koordinasi kepada Sub Bagian lainnya  pada Sekretariat Kecamatan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  5. Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan beserta petunjuk pelaksanaan (Juklak) untuk pedoman pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  6. Memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun yang dicantumkan dalam daftar penilaian pekerjaan (DP3);
  7. Memberikan petunjuk pembuatan naskah dinas dan surat-surat biasa yang berhubungan dengan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  8. Memeriksa dan meneliti konsep naskah dinas surat-surat biasa dari bawahan yang selanjutnya siap untuk diketik dan membubuhkan paraf pada hasil ketikan;
  9. Membuat laporan secara bulanan maupun insidentil melalui Sekretaris Kecamatan;
  10. Memeriksa dan menyiapkan bahan pembinaan organisasi dan tata laksana pengelolaan surat-menyurat, kearsipan dan perlengkapan;
  11. Memeriksa dan menyiapkan bahan pembinaan kepegawaian, pengembangan pegawai, mutasi, serta tata usaha kepegawaian;
  12. Membuat laporan hasil pekerjaan Sub Bagian Umum guna selanjutnya memberikan saran/usul kepada atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  13. Membagi tugas pada bawahan supaya tugas-tugas Sub Bagian Umum Kepegawaian terbagi habis dan terlaksana dengan baik;
  14. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.  

 

 

      1. Tugas Sub Bagian Keuangan :
    1. Membuat laporan hasil pekerjaan Sub Bagian Keuangan guna selanjutnya memberikan saran/usul kepada atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
    2. Mengurus kenaikan gaji berkala;
    3. Membagi tugas pada bawahan supaya tugas-tugas Sub Bagian Keuangan terbagi habis dan terlaksana dengan baik;
    4. Merencanakan kegiatan bidang Sub Bagian Keuangan baik secara bulanan, tahunan, maupun insidentil;
    5. Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan beserta petunjuk pelaksanaan (Juklak) untuk pedoman pelaksanaan tugas Sub Bagian Keuangan;
    6. Memeriksa dan menyiapkan bahan penyusunan anggaran dan belanja dinas, mengurus pembukuan, perhitungan anggaran dan perbendaharaan;
    7. Memeriksa dan meneliti konsep naskah dinas surat-surat biasa dari bawahan yang selanjutnya siap untuk diketik dan membubuhkan paraf pada hasil ketikan;
    8. Memberikan nilai kepada bawahan setiap akhir tahun yang dicantumkam dalam daftar penilaian pekerjaan (DP3);
    9. Melaksanakan tugas-tugas Kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

      1. Tugas Kepala Seksi Pemerintahan :
    1. Menyusun rencana Kegiatan Seksi Pemerintah sesuai dengan rencana kerja kecamatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
    2. Memberi petunjuk dan membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugasnya agar tugas Seksi Pemerintah dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien;
    3. Menyiapkan bahan dan data dalam penyusunan pedoman teknis pembinaan pengembangan di bidang pemerintah umum:
    4. Membuat konsep naskah dinas sesuai bidang tugasnya untuk ditandatangani camat;
    5. Menyiapkan bahan pelaksanaan bimbingan teknis, penyebarluasan informasi tentang berbagai peraturan perundang-undangan mengenai  Desa/Kelurahan dan pertanahan;
    6. Penyusunan bahan penyelenggaraan rapat koordinasi dan rapat kerja;
    7. Melaksanakan penelitian atas pengaduan BPD terhadap kepemimpinan kepala desa;
    8. Menyusun dan menyiapkan profil kecamatan;
    9. Melaksanakan penilaian terhadap hal-hal prinsip yang diusulkan oleh kepala desa dan atau BPD kepada Bupati;
    10. Melaksanakan tertib administrasi dan hukum pertanahan;
    11. Melaksanakan tertib pemanfaatan/penggunaan lahan;
    12. Melaksanakan pelayanan administrasi pemindahan hak atas tanah;
    13. Memberi saran dan pertimbangan kepada pimpinan sebagai bahan pengambilan keputusan;
    14. Mengevaluasi hasil kegiatan Seksi Pemerintah sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan;
    15. Memfasilitasi proses pemilihan kepala desa dan BPD serta pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa;
    16. Memfalilitasi pembentukan organisasi kemasyarakatan;
    17. Memfasilitasi pencairan Alokasi Dana Desa (ADD);
    18. Menilai bawahan sebagai bahan pembuatan DP3;
    19. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

      1. Tugas Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum :
    1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum  sesuai dengan rencana kerja kecamatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
    2. Menyusun rencana kebutuhan Seksi Ketentraman sebagai bahan usulan kepada camat;
    3. Memberi petunjuk dan membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugasnya agar dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien;
    4. Membuat konsep naskah dinas sesuai bidang tugasnya untuk ditandatangani camat;
    5. Menyiapkan bahan dan data dalam penyusunan pedoman teknis pembinaan pengembangan di bidang ketertiban umum, pembinaan Satpol-PP, meningkatkan persatuan dan kesatuan serta perlindungan masyarakat;
    6. Penyebarluasan informasi tentang berbagai peraturan perundang-undangan mengenai ketertiban umum;
    7. Melaksanakan upaya penegakan peraturan daerah serta meningkatkan ketertiban, kebersihan dan keindahan lingkungan melalui koordinasi dengan perangkat daerah lainnya;
    8. Melaksanakan kegiatan dalam rangka peningkatan dan pembinaan budaya disiplin;
    9. Melaksanakan kegiatan penataan, pengawasan dan monitoring terhadap fasilitas umum;
    10. Melaksanakan pengawasan dan monitoring tempat-tempat kerawanan sosial;
    11. Melaksanakan pembinaan Satpol-PP dalam rangka perlindungan terhadap masyarakat;
    12. Melaksanakan pembinaan keserasian masyarakat serta pentelesaian perselisihan antar warga;
    13. Melaksanakan kegiatan dalam rangka peningkatan apresiasi budaya masyarakat serta mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat;
    14. Melaksanakan kegiatan pemberdayaan dan pengkoordinasian kegiatan organisasi masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan organisasi sosial politik;
    15. Melaksanakan kegiatan perlindungan masyarakat dari gangguan ketentraman dan ketertiban dengan berkoordinasi bersama pihak kepolisian Republik Indonesia dan atau TNI;
    16. Memberi saran dan pertimbangan kepada pimpinan sebagai bahan pengambilan keputusan;
    17. Mengevaluasi Kegiatan Seksi Ketentraman dan Ketertiban sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan;
    18. Menilai bawahan sebagai bahan pembuatan DP3;
    19. Melaporkan hasil kegiatan Seksi Ketentraman dan Ketertiban kepada camat baik secara lisan maupun tertulis;
    20. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

  

 

 

 

      1. Tugas Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan :
    1. Menyusun rencana kegiatan  Seksi Perekonomian dan Pembangunan sesuai dengan rencana kerja Kecamatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
    2. Menyusun rencana Kebutuhan Seksi Perekonomian dan Pembangunan sebagai bahan usulan kepada Camat;
    3. Memberi petunjuk dan membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugasnya agar dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien;
    4. Menghimpun dan menyebarluaskan informasi peraturan perundang-undangan mengenai Pemberdayaan Masyarakat Desa;
    5. Pembinaan administrasi Desa mengenai pertanggungjawaban bantuan dari Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten;
    6. Melaksanakan penilaian terhadap peraturan Desa dan Keputusan Desa serta laporan keterangan pertanggungjawaban Kades yang disampaikan kepada Bupati;
    7. Melaksanakan pembinaan pelaksanaan penilaian Kades;
    8. Melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap Koperasi Unit Desa  (KUD);
    9. Memfasilitasi usulan pembangunan dari Desa;
    10. Memberi saran dan pertimbangan kepada pimpinan sebagai bahan pengambilan keputusan;
    11. Mengevaluasi hasil kegiatan Seksi Perekonomian dan Pembangunan sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan;
    12. Menilai bawahan sebagai bahan pembuatan DP3;
    13. Melaporkan hasil kegiatan Seksi Pemberdayaan masyarakat Desa kepada Camat baik secara lisan maupun tertulis;
    14. Melaksanakan tugas-tugas Kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

      1. Tugas Kepala Seksi Sosial dan Kesejahteraan rakyat :
    1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Sosial dan Kesejahteraan Rakyat sesuai dengan rencana kerja kecamatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
    2. Menyusun rencana kebutuhan Seksi Sosial dan Kesejahteraan Rakyat sebagai bahan usulan kepada camat;
    3. Memberi petunjuk dan membagi kepada bawahan sesuai dengan tugasnya agar dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien;
    4. Membuat konsep naskah dinas sesuai bidang tugasnya untuk ditandatangani camat;
    5. Menyiapkan bahan dan data dalam rangka pembinaan, pengembangan di bidang kesejahteraan sosial;
    6. Menyusun data pencadang masalah social dan potensi kesejahteraan sosial;
    7. Menyiapkan bahan pelaksanaan bimbingan teknis di bidang kepemudahan olahraga dan kesenian;
    8. Memfasilitasi pemberian bantuan karang taruna di tingkat Desa dan Kecamatan;
    9. Memfasilitasi pemberian bantuan terhadap korban bencana alam;
    10. Memberi saran dan pertimbangan kepada pimpinan aebagai bahan pengambilan keputusan
    11. Mengevaluasi hasil kegiatan Seksi Sosial dan Kesejahteraan Rakyat sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan;
    12. Melaporkan hasil kegiatan Seksi kepada Camat baik secara lisan maupun tertulis;
    13. Menilai bawahan sebagai bahan pembuatan DP3;
    14. Melaksanakan tugas-tugas Kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

      1. Tugas Kepala Seksi Pelayanan Umum :
    1. Menyusun rencana kegiatan  Seksi Pelayanan Umum sesuai dengan rencana kerja Kecamatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
    2. Menyusun rencana Kebutuhan Seksi Pelayanan Umum sebagai bahan usulan kepada Camat;
    3. Memberi petunjuk dan membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugasnya agar dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien;
    4. Membuat konsep naskah dinas sesuai dengan bidang tugasnya untuk ditandatangani camat;
    5. Menyiapkan bahan dan data dalam rangka pembinaan, pengembangan, di bidang pelayanan umum;
    6. Memberikan pelayanan dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP);
    7. Memberikan pelayanan dalam pembuatan Kartui Keluarga (KK);
    8. Memberikan pelayanan dalam pembuatan Surat Keterangan Mutasi Penduduk;
    9. Memberikan pendataan terhadap penduduk;
    10. Membuat laporan bulanan dan triwulan kependudukan;
    11. Memberi saran dan pertimbangan kepada pimpinan sebagai bahan pengambilan keputusan;
    12. Mengevaluasi hasil kegiatan Seksi Pelayanan Umum sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan;
    13. Melaporkan hasil kegiatan Seksi Pelayanan Umum kepada Camat baik secara lisan maupun tertulis;
    14. Menilai bawahan sebagai bahan pembuatan DP3;
    15. Melaksanakan tugas-tugas Kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.
IKlan 3
Iklan Sidebar Kanan
Iklan Sidebar Kiri